Senin, 10 Juni 2013

Cara mengatasi panas dalam

Panas dalam merupakan suatu penyakit, dimana kita akan merasakan panas pada tubuh yang padahal cuaca tidak panas. Dan panas dalam biasanya timbul karena sistem pencernaan yang buruk ataupun ada juga faktor-faktor penyebab lainnya, seperti tubuh kita kekurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh, atau kita banyak mengkonsumsi makanan yang bersifat panas dan juga berlemak seperti panas. Dan apabila panas dalam tidak segera kita atasi maka akan menimbulkan beberapa dampak negatif terutama terhadap kesehatan, seperti bibir pecah-pecah, timbul sariawan, badan terasa panas dingin, susah buang air besar dan bau mulut tidak sedap.
Penyakit panas dalam bisa kita sembuhkan dengan beberapa cara mengatasi panas dalam yang cukup sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alami. Dan berikut adalah beberapa cara mengatasi panas dalam atau cara mengobati panas dalam :
  1.  Menggunakan Air Garam, cara mengatasi panas dalam bisa dengan menggunakan air garam. Caranya, kita cukup lakukan berkumur dengan air garam. Dan larutan ini merupakan solusi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit tenggorokan akibat iritasi udara kering atau alergi yang disebabkan oleh panas dalam.
  2. Menggunakan Kelapa Muda, cara mengatasi panas dalam bisa dengan menggunakan kelapa muda. Memang selain menyegarkan, ternyata kelapa muda juga dapat dijadikan sebagai bahan alternatif terutama dalam hal cara mengobati panas dalam. Caranya, cukup campur 1 buah air kelapa muda dengan 3 sendok makan madu asli, dan kemudian diminum satu hari satu kali saja.
  3. Menggunakan Telur Ayam Kampung, cara mengatasi panas dalam bisa dengan menggunakan telur ayam kampung. Caranya, telur ayam kampung dicampur dengan 1 sendok madu dan juga sedikit sari kunyit, kemudian minum dengan sekali tegukan dan jangan lupa harus disertai dengan istirahat yang cukup.
  4. Menggunakan Rambut Jagung Muda, cara mengobati panas dalam bisa dengan menggunakan rambut jagung muda. Caranya, kita rebus segenggam rambut jagung muda tersebut dengan air, lalu tambahkan sedikit jahe dan juga gula batu, kemudian kita saring, setelah disaring diminum airnya hanya satu hari satu kali. Minum ramuan ini sampai panas dalam yang kita alami sembuh.
  5. Menggunakan Madu, cara untuk mengatasi panas dalam bisa dengan menggunakan madu dan juga perasan lemon. Caranya, cukup campurkan satu sendok makan madu dengan air hangat dan juga perasan lemon. Cara mengatasi panas dalam alami ini dapat melapisi dan juga dapat menenangkan iritasi pada tenggorokan.
  6. Menggunakan Kacang Hijau, cara mengatasi panas dalam juga menggunakan rebusan kacang hijau. Caranya, cukup rebus dua genggam kacang hijau dengan air, lalu tambahkan dua ruas jahe dan gula batu secukupnya. Setelah selesai minum ramuan ini dua kali sehari, dan diminum sampai panas dalam betul-betul sembuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar